4 Cara agar blog muncul di Google paling atas dengan mudah

Mengungkap 4 Cara agar blog muncul di Google paling atas sehingga lebih banyak pengunjung yang datang ke website. Blog anda tak sepi lagi layaknya kuburan. Wuih, sereemm!

Tuan Muda
Updated on

Cara agar blog muncul di Google

Ternyata masih banyak yang bingung dan bertanya cara agar blog muncul di Google paling atas. Padahal, seharusnya setiap blogger sudah mengetahui bagaimana caranya.

Karena website anda tidak ada pengunjungnya jika tidak masuk halaman 1 google, kecuali anda adalah seorang publik fitur yang sudah terkenal sebelumnya.

Secara sederhana, anda harus melakukan beberapa hal.

Seperti melakukan pengaturan website dengan cara yang tepat, optimasi onpage, optimasi off-page dan kemudian mendaftarkannya ke Google.

Baik, agar lebih mudah dipahami mari kita bahas satu persatu.

1. Konfigurasi website

Langkah pertama ini sebenarnya tergolong simpel. Anda hanya perlu memastikan apakah website anda bisa di crawling oleh google atau tidak.

Jika anda adalah pengguna wordpress, anda bisa melakukan konfigurasi ini dengan beberapa langkah mudah, coba perhatikan gambar dibawah ini.

pengaturan website wordpress agar muncul di google

Gambar 1 : Pengaturan website WordPress agar di index Google.

Jika kotak yang ditandai di centang, maka hilangkan centang agar Google bisa merayapi dan mengindek website anda. Kemudian menampilkannya.

Tujuan dari langkah ini adalah memastikan website anda di izinkan untuk di crawling Google. Sehingga mereka mengindex dan kemudian menampilkannya ketika ada yang cari.

Banyak blogger pemula yang cukup sering melewatkan langkah ini.

2. SEO Onpage

SEO Onpage adalah serangkaian tindakan yang anda lakukan terhadap website agar disukai Google dan sekaligus pengunjung website.

Ada banyak sekali komponen SEO Onpage yang perlu anda optimasi.

Hanya saja, ada beberapa komponen yang pengaruhnya cukup signifikan terhadap peningkatan ranking website sehingga bisa muncul di google paling atas.

Cara agar blog muncul di Google paling atasa. Konten

Ya, quote content is king bukanlah isapan jempol belaka.

Konten benar-benar berpengaruh pada peringkat website anda di Google. Oleh karenanya, mulailah membuat konten yang superior.

Yaitu konten yang sesuai search intent, disajikan dengan format yang tepat, bahasa yang mudah dipahami dan memberikan dorongan pembaca untuk berinteraksi.

Tidak muda membuat konten seperti ini.

Tapi, jika anda serius ingin tampil di Google paling atas. Maka membuat konten yang disukai oleh pembaca dan sekaligus Google adalah tugas wajib yang harus dilakukan.

Untuk anda yang bingung bagaimana cara menulis konten artikel yang direkomendasikan ini, mungkin bisa mendelegasikannya ke Katanesia.com saja.

b. Judul Halaman aka Title Tag

Tag Judul ini sebenarnya adalah elemen yang paling krusial dalam SEO.

Jika anda tidak mengoptimasinya dengan benar, maka peluang anda agar website muncul di Google paling atas menjadi sangat sulit diwujudkan.

Salah satu cara mengoptimasi tag judul ini adalah dengan menyertakan keyword utama anda.

Pastikan judul halaman yang anda buat sudah disertakan keyword utama yang anda target. Cukup sertakan sekali saja dibagian judul.

Misalnya untuk halaman ini.

Kami menargetkan keyword “Cara agar muncul di Google paling atas”, maka kami menyertakan keyword ini di judul, coba anda perhatikan lagi.

Jika anda belum mempraktekan ini, coba anda audit setiap halaman website anda.

c. Judul dan Meta deskripsi

Elemen SEO Onpage berikutnya adalah judul dan meta deskripsi.

Elemen ini akan ditampilkan di hasil pencarian Google. Mungkin bagi anda yang sering browsing sudah cukup sering juga melihat elemen ini.

Biasanya, pada hasil pencarian google ditampilkan setidaknya 3 elemen penting oleh Google. Pertama judul halaman website, url website serta meta deskripsi.

Nah, 2 elemen ini menjadi sangat penting untuk anda optimasi agar bisa tampil dihalaman 1 Google.

d. Url website

Elemen berikutnya adalah url website.

Pastikan url website anda dibuat mengandung keyword utama yang ditarget. Misalnya halaman website kami ini. Coba perhatikan url kami.

Jika anda jeli, anda akan melihat keyword yang kami target.

Sebenarnya masih banyak elemen SEO Onpage lain yang perlu anda optimasi, seperti internal link, gambar, kecepatan webstie dan lain sebagainya.

Akan tetapi, hanya dengan optimasi 4 elemen onpage diatas saja sebenarnya website anda bisa tampil dihalaman atas google dengan sangat mudah.

3. SEO Off-Page – Backlink

Setelah anda melakukan SEO Onpage, anda bisa melengkapinya dengan melakukan SEO Off-Page, lazim juga disebut dengan link building.

Ini adalah proses pembuatan backlink dari website lain ke website kita.

Tujuannya agar otoritas website kita semakin tinggi sehingga Google lebih memprioritaskannya untuk ditampilkan di halaman 1 Google.

Semakin banyak backlink yang mengarah ke website kita maka semakin besar peluang website kita untuk bisa masuk halaman 1 Google.

Tapi ingat, backlink yang anda buat harus backlink berkuaitas.

Tidak itu saja, backlink dibuat juga harus menggunakan strategi yang benar dan tepat. Tidak serampangan sehingga mengundang hukuman dari Google.

Salah satu ciri backlink berkualitas adalah relevan dan kontekstual.

Backlink harus ditempatkan di halaman website yang membahas topik yang relate dengan topik website anda, tidak tu saja ia juga harus berada didalam konten.

Tipe backlink ini bisa anda dapatkan dengan menggunakan backlink pbn, content placement maupun guest post di webstie lain.

Terkadang, hanya dengan 10 backlink pbn saja anda sudah bisa tampil dihalaman 1 Google.

4. Daftarkan ke Google Webmaster Tools

Cara terakhir yang bisa anda tempuh agar blog muncul di google paling atas adalah dengan menampilkan blog ke Google Webmaster Tools.

Anda bisa googling bagaimana caranya.

Terakhir

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan agar blog muncul di Google paling atas.

Jika sudah melakukan beberapa hal diatas namun website tidak kunjung tampil dihalaman 1 Google, maka anda perlu mengevaluasi keyword, konten dan website secara menyeluruh.

Perlu anda ketahui, tahu mengapa blog anda tidak tampil di Google paling atas barulah langkah awal. Anda harus menindaklanjutinya dengan melakukan SEO Onpage dan SEO Off-Page.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Latest Stories

Here’s what we’ve been up to recently.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *